KONSOLIDASI
PT.
BANK MANDIRI (Persero) Tbk
1EB17
KELOMPOK
3
1.
BRANDO ARIMATEA E (21216477)
2.
CYNTHIA WAHYU R (21216656)
3.
DINA LESTARI (22216075)
4.
DHEA AVRICIA C (21216921)
5.
INDAH SARI (23216496)
6.
LOUCIANNA SIANTURI (24216096)
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2016
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada
penyusun, sehingga penyusun berhasil menyelesaikan makalah yang berjudul
“KONSOLIDASI PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk ” ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Dalam penyusunan makalah ini
penyusun berharap makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca, untuk
mempermudah dalam memahami dan mempelajari Ilmu Pendidikan ini.
penyusun juga menyadari bahwa
makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang
membangun sangat penyusun harapkan demi bertambahnya pengetahuan penyusun dan
kesempurnaan makalah ini.
Bekasi, November 2016
Hormat kami,
Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bank adalah badan usaha yang
menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan danmenyalurkannya kepada
masyarakat dalam bentuk kredit dan atau dalam bentuk lainnya dalam rangka
meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bank Mandiri adalah sebagai bagian dari
program restrukturisasi perbanka yang dilaksanakan oleh pemerintahan Indonesia.
Sejak berdirinya PT. Bank Mandiri (Persero) telah bekerja keras untuk
menciptakan tim manajemen yang kuat dan professional yang bekerja berlandaskan
pada prinsip-prinsip good corporate goverment yang telah diakuisecara
internasional melihat dari prinsip – prinsip pada PT. Bank Mandiri tersebut.
Di Indonesia banyak beberapa macam
bank umum tetapi pada bank mandiri ini
memiliki beberapa layanan yang berbeda dari bank umum lainnya dimana bank
mandiri memilik ibeberapa kelebihan dan kekurangan.Serta memberikan informasi mengenai beberapa layanan dan
fasilitas yang akan diberikan kepada nasabah bank mandiri.
1.2 Rumusan masalah
1.
Jelaskan pengertian konsolidasi
2.
Jelaskan Sejarah Bank Mandiri?
3.
Bagaimana profil dari Bank Mandiri?
4.
Jelaskan proses pembentukan Bank Mandiri?
5. Apa
kegunaan Bank Mandiri bagi masyarakat?
1.3 Tujuan
Mengetahui pengertian konsolidasi, mengetahui sejarah Bank Mandiri, menambah informasi mengenai profil
Bank Mandiri, mengetahui
Pembentukan Bank Mandiri, mengetahui Bank Mandiri berguna bagi masyarakat
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Konsolidasi
Konsolidasi Adalah cara penggabungan beberapa badan usaha yang semula
berdiri sendiri menjadi satu badan usaha. Bank adalah badan usaha yang
menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada
masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka
meningkatkan taraf hidup rakyat banyak (Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998
Perubahan Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan).
2.2 Sejarah Bank Mandiri
Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober
1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan
oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah -- yaitu
Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank
Pembangunan Indonesia -- dilebur menjadi Bank Mandiri, dimana masing-masing
bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan
perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi
selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan
perekonomian Indonesia.
Konsolidasi
dan integrasi
Setelah
melalui proses konsolidasi dan integrasi menyeluruh di segala bidang, Bank
Mandiri berhasil membangun organisasi bank yang solid mengimplementasikan core
banking system baru yang terintegrasi menggantikan core banking system dari
keempat bank legacy sebelumnya yang saling terpisah. Sejak didirikan, kinerja
Bank Mandiri senantiasa mengalami perbaikan terlihat dari laba yang terus
meningkat dari Rp1,18 triliun di tahun 2000 hingga mencapai Rp5,3 triliun di
tahun 2004. Bank Mandiri melakukan penawaran saham perdana pada 14 Juli 2003
sebesar 20% atau ekuivalen dengan 4 miliar lembar saham.
Program
Transformasi Tahap I (2005 - 2009)
Tahun
2005 menjadi titik balik bagi Bank Mandir dimana Bank Mandiri memutuskan untuk menjadi
bank yang unggul di regional (regional champion Bank), yang diwujudkan dalam
program transformasi yang dilaksanakan melalui 4 (empat) strategi utama, yaitu:
❖ Implementasi budaya. Dilakukan
dengan restrukturisasi organisasi berbasis kinerja, penataan ulang sistem
penilaian berbasis kinerja, pengembangan leadership dan talent serta
penyesuaian sumber daya manusia dengan kebutuhan strategis.
❖ Pengendalian tingkat NPL secara
agresif. Bank Mandiri fokus pada penanganan kredit macet dan memperkuat sistem
manajemen risiko. Pertumbuhan pasar melalui strategi dan value preposition yang
distinctive untuk masing-masing segmen.
❖ Meningkatkan pertumbuhan bisnis yang
melebihi rata-rata. Pertumbuhan pasar melalui strategi dan value preposition
yang distinctive untuk masing-masing segmen.
❖ Pengembangan dan pengelolaan program
aliansi. antar Direktorat atau Business Unit dalam rangka optimalisasi layanan
kepada nasabah, serta untuk lebih menggali potensi bisnis nasabah-nasabah
eksisting maupun value chain dari nasabah-nasabah dimaksud.
Untuk
dapat meraih aspirasi menjadi Regional Champion Bank, Bank Mandiri melakukan transformasi secara bertahap
melalui 3 (tiga) fase:
1. Tahap 1 (2006-2007)
Back on
Track : Fokus untuk merekonstruksi ulang fondasi Bank Mandiri untuk pertumbuhan
di masa depan
2. Tahap 2 (2008-2009)
Outperform
the Market : Fokus pada ekspansi bisnis untuk menjamin pertumbuhan yang
signifikan di berbagai segmen dan mencapai level profit yang mampu melampaui
target rata-rata pasar
3. Tahap 3 (2010)
Shaping
the End Game : Bank Mandiri menargetkan diri untuk menjadi bank regional
terdepan melalui konsolidasi dari bisnis jasa keuangan dan lebih mengutamakan
peluang strategi pertumbuhan non-organik, termasuk memperkuat kinerja anak
perusahaan dan akuisisi bank atau perusahaan keuangan lainnya yang dapat
memberikan nilai tambah bagi Bank Mandiri.
Proses transformasi yang telah dijalankan sejak tahun 2005
hingga tahun 2010 ini secara konsisten berhasil meningkatkan kinerja Bank
Mandiri. Hal ini tercermin dari peningkatan berbagai parameter finansial,
diantaranya:
● Kredit bermasalah turun signifikan,
tercermin dari rasio NPL net konsolidasi yang turun dari 15,34% di tahun 2005
menjadi 0,62% di tahun 2010.
● Laba bersih Bank Mandiri juga tumbuh
sangat signifikan dari Rp 0,6 Triliun di tahun 2005 menjadi Rp 9,2 Triliun di
tahun 2010.
Sejalan dengan transformasi bisnis
di atas, Bank Mandiri juga melakukan transformasi budaya dengan merumuskan
kembali nilai-nilai budaya untuk menjadi pedoman pegawai dalam berperilaku,
yaitu 5 (lima) nilai budaya perusahaan yang disebut “TIPCE” yang dijabarkan
menjadi:
● Kepercayaan (Trust)
● Integritas (Integrity)
● Profesionalisme (Professionalism)
● Fokus Pada Pelanggan (Customer
Focus)
● dan Kesempurnaan (Excellence).
Program Transformasi Lanjutan (2010
- 2014)
Untuk dapat mempertahankan dan terus
meningkatkan kinerjanya, Bank Mandiri melaksanakan transformasi lanjutan tahun
2010-2014 yaitu dengan melakukan revitalisasi visinya untuk “Menjadi Lembaga
Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif”. Dengan visi
tersebut Bank Mandiri mencanangkan untuk mencapai milestone keuangan di tahun
2014, yaitu nilai kapitalisasi pasar mencapai di atas Rp225 triliun dengan
pangsa pasar pendapatan mendekati 16%, ROA mencapai kisaran 2,5% dan ROE
mendekati 25%, namun tetap menjaga kualitas aset yang direfleksikan dari rasio
NPL gross di bawah 4%.
Pada tahun 2014 Bank Mandiri
ditargetkan mampu mencapai nilai kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia serta
masuk dalam jajaran Top 5 Bank di ASEAN. Selanjutnya di tahun 2020 Bank Mandiri
mentargetkan untuk dapat masuk dalam jajaran Top 3 di ASEAN dalam hal nilai
kapitalisasi pasar dan menjadi pemain utama di regional. Untuk mewujudkan visi
tersebut, transformasi bisnis di Bank Mandiri tahun 2010 akan difokuskan pada 3
(tiga) area bisnis yaitu:
1. Wholesale transaction
Memperkuat
leadership dengan menawarkan solusi transaksi keuangan yang komprehensif dan
membangun hubungan yang holistik melayani institusi corporate dan commercial di Indonesia.
2. Retail deposit dan payment
Menjadi
bank pilihan nasabah di bidang retail deposit dengan menyediakan pengalaman
perbankan yang unik dan unggul bagi para nasabahnya.
3. Retail Financing
Meraih
posisi terdepan dalam segmen pembiayaan ritel, terutama untuk memenangkan
persaingan di bisnis kredit perumahan, personal loan, dan kartu kredit serta
menjadi salah satu pemain utama di micro banking.
Indikator
keberhasilan transformasi lanjutan 2010-2014 ditunjukkan dengan pencapaian
nilai kapitalisasi saham yang mencapai Rp254 triliun, Return on Asset mencapai
3,39%, dan Non Performing Loan sebesar 2,17%. Bank Mandiri telah berhasil
mempertahankan predikat sebagai “the best bank in service excellence” selama 7
(tujuh) tahun berturut-turut dari Marketing Research Indonesia (MRI), dan
mempertahankan predikat sebagai “Perusahaan Sangat Terpercaya” selama 7 (tujuh)
tahun berturut-turut dari Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG)
Kinerja
Bank Mandiri 2014
Wholesale
transaction
● Memberikan solusi transaksi keuangan
yang komprehensif kepada nasabah corporate untuk memperkuat hubungan dengan
nasabah corporate, commercial, dan institusi dengan memberikan solusi transaksi
keuangan yang komprehensif.
● Membangun hubungan melalui
pendekatan holistik dengan perusahaan-perusahaan terkemuka.
● Tahun 2014 pendapatan yang bersumber
dari Wholesale fee mencapai Rp4,4 triliun, dan dana murah Wholesale mencapai
Rp73,2 triliun, sedangkan jumlah transaksi cash management tumbuh sebesar 80,4%
mencapai 44,2 juta transaksi.
Retail
deposit & payment
● Bank Mandiri selalu berusaha
memberikan layanan perbankan yang unik, unggul dan solusi transaksi yang
inovatif.
● Tahun 2014 pendapatan yang berasal
dari retail fee mencapai Rp6,7 triliun, dan dana murah Retail mencapai Rp279,3
triliun, sedangkan jumlah transaksi e-channel selama tahun 2014 mencapai 1.820
juta transaksi.
Retail
Financing
● Menjadi salah satu pemain utama di
Micro Banking, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Personal Loan dan Kartu Kredit,
serta dominan di perbankan syariah
● Tahun 2014 total kredit retail
mencapai Rp158,0 triliun, atau tumbuh 21,4% secara tahunan dengan komposisi
33,2% dari total kredit. Jumlah nasabah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
tumbuh 15,5% YoY atau lebih dari 100 ribu nasabah.
Pencapaian
Penting Bank Mandiri 2014
Bank Mandiri terus memperkuat peran
sebagai lembaga intermediasi untuk mendorong perekonomian nasional. Hal itu
ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit sebesar 12,2% pada akhir 2014 menjadi
Rp.530 triliun dari Rp.472,4 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya,
dengan rasio NPL terjaga di level 2,15 %.
Pertumbuhan
penyaluran kredit itu mendorong peningkatan aset menjadi Rp.855 triliun dari
Rp733,1 triliun pada
Desember 2013. Sedangkan laba bersih pada 2014
tercatat tumbuh 9,2 % menjadi Rp19,9 triliun atau naik Rp1.7 triliun jika
dibandingkan akhir 2013 sebesar Rp.18,2 triliun. Selain pertumbuhan kredit,
laju kenaikan laba bersih juga ditopang oleh pertumbuhan fee based income yang
mencapai Rp15.06 triliun pada tahun 2014.
Laju kenaikan laba juga ditopang
pertumbuhan bunga bersih sebesar 15,7% menjadi Rp 39,1 triliun dan kenaikan fee
based income sebesar 3,9 % sehingga mencapai Rp.15,06 triliun. Dari capaian
laba tersebut, kontribusi anak perusahaan mencapai 9.1% % atau sebesar Rp1,81
triliun.
Sebagai
implementasi fungsi intermediasi dalam mendukung perekonomian nasional, Bank
Mandiri juga terus memacu pembiayaan ke sektor produktif. Hasilnya, pada akhir
2014, kredit ke sektor produktif tumbuh 13.9 % mencapai Rp 410,6 triliun.
dimana kredit investasi tumbuh 9,1 % dan kredit modal kerja tumbuh 16,7%.
Dilihat dari segmentasi, kenaikan
penyaluran kredit terjadi di seluruh bisnis, dengan pertumbuhan tertinggi pada
segmen mikro yang mencapai 33,2% menjadi Rp.36 triliun pada Desember 2014.
Sementara itu, kredit yang tersalurkan untuk segmen usaha mikro, kecil dan
menengah (UMKM) mencatat pertumbuhan sebesar 13,6 % menjadi Rp 73,4 triliun.
Bank Mandiri juga turut menyalurkan
pembiayaan khusus dengan skema penjaminan pemerintah, yaitu melalui penyaluran
Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hingga akhir 2014, jumlah nasabah KUR Bank Mandiri
meningkat 34 % yoy mencapai 396 ribu nasabah. Kepercayaan masyarakat kepada
Bank Mandiri juga terus tumbuh yang ditunjukkan dengan naiknya penghimpunan
dana pihak ketiga (DPK) menjadi Rp.636,4 triliun pada akhir 2014 dari Rp.556,4
triliun pada tahun sebelumnya. Dari pencapaian tersebut, total dana murah (giro
dan tabungan) yang berhasil dikumpulkan Bank Mandiri mencapai Rp380,5 triliun,
yang terutama didorong oleh pertumbuhan tabungan sebesar 6,7% atau Rp15,93
triliun hingga mencapai Rp252,4 triliun.
Capaian
tersebut sangat menggembirakan, terutama jika mempertimbangkan tingkat persaingan
likuiditas yang sangat ketat di industri.
Sebagai upaya untuk meningkatkan
pengumpulan dana masyarakat melalui peningkatan kenyamanan bertransaksi, Bank
Mandiri terus mengembangkan jaringan kantor cabang, jaringan elektronik, maupun
jaringan layanan lainnya. Hingga Desember 2014, Bank Mandiri telah memiliki
2.312 cabang, 15.344 unit ATM serta penambahan jaringan bisnis mikro sehingga
menjadi 1.833 unit.
Atas
kinerja baik tersebut, Bank Mandiri meraih sejumlah penghargaan antara lain sebagai
bank terbaik di Indonesia dari tiga publikasi terkemuka di sektor keuangan,
yaitu Finance Asia, Asiamoney dan The Banker. Selain itu, Bank Mandiri juga
berhasil mempertahankan predikat Best Bank in Service Excellence dari Marketing
Research Indonesia (MRI) dan Majalah SWA selama tujuh tahun berturut-turut
serta predikat Most Trusted Companies selama delapan tahun berturut-turut dari
International Institute for Corporate Governance (IICG).
Rencana
& Strategi Jangka Panjang 2015-2020
Tantangan ke depan yang semakin
kompleks dan kebutuhan untuk terus meningkatkan kinerja secara berkesinambungan
serta memberikan kualitas layanan terbaik kepada nasabah membuat Bank Mandiri
perlu melakukan transformasi bisnis dan pengelolaan organisasi secara berkelanjutan.
Untuk itu, Bank Mandiri telah mencanangkan transformasi Tahap III 2015-2020.
Visi jangka panjang Bank Mandiri adalah “To be The Best Bank in ASEAN by 2020”,
atau menjadi Bank terbaik di ASEAN tahun 2020. Rumusan visi tersebut dapat
dijabarkan sebagai berikut:
● Bank Mandiri bertekad menjadi
institusi keuangan terbaik di ASEAN, dalam segi pelayanan, produk, dan imbal
hasil kepada pemegang saham, serta manfaat yang diterima oleh masyarakat secara
luas. Keunggulan ini dicapai dengan menyediakan layanan jasa dan produk yang
terintegrasi, solusi keuangan yang didasari oleh pemahaman sektor industri yang
mendalam dengan ditopang kemajuan teknologi, kualitas manusia dan sinergi
bisnis hingga ke perusahaan anak.
● Menjadi kebanggaan negeri dan setiap
insan yang bekerja di Bank Mandiri memiliki tanggung jawab yang harus
direalisasikan melalui pengelolaan manajemen dan tata kelola perusahaan yang
baik.
● Dengan sasaran mencapai kapitalisasi
pasar USD55 miliar dan Return on Equity 23%-27% pada tahun 2020, Bank Mandiri
bertekad menjadi ikon perbankan Indonesia di ASEAN.
Untuk
mencapai visi tersebutn strategi pertumbuhan Bank Mandiri ke depan akan
difokuskan pada 3 (tiga) area utama sebagai berikut:
● Memperkuat leadership di segmen
wholesale dengan melakukan pendalaman relationship dengan nasabah. Strategi ini
bertujuan agar Bank Mandiri dapat meningkatkan share of wallet dan rasio
crosssell revenue dari nasabah wholesale Mandiri, melalui penyediaan solusi
produk wholesale yang terintegrasi, solusi yang berbasis ekspertis di sektor
usaha nasabah, dan berperan aktif mendukung aktivitas nasabah Mandiri yang
melakukan ekspansi bisnis ke negara lain dengan penyediaan solusi yang bersifat
crossborder.
● Menjadi Bank pilihan nasabah di
segmen retail, dengan akselerasi bisnis di segmen-segmen utama yang menjadi
pendorong utama pertumbuhan bisnis Bank Mandiri yaitu: (-) Di segmen mikro,
Bank Mandiri ingin menjadi penantang terkuat di pasar melalui kemudahan akses
nasabah mikro ke jaringan distribusi Bank Mandiri. (-) Di segmen Small Medium
Enterprise (SME), Bank Mandiri ingin menjadi Bank Utama pilihan nasabah SME,
melalui penetrasi dan akuisisi nasabah yang difokuskan pada sektor-sektor
potensial, untuk memenuhi seluruh kebutuhan nasabah SME. (-) Sedangkan di
segmen Individual Bank Mandiri fokus pada membangun kepemimpinan melalui
penawaran produk consumer yang lengkap dan berdaya saing, memiliki inovasi
untuk memperkuat dominasi di retail payment.
● Mengintegrasikan bisnis di semua
segmen yang ada di Bank Mandiri, termasuk dengan Perusahaan Anak. Melalui
strategi ini Bank Mandiri ingin mendorong budaya cross-sell, baik antar unit
kerja yang menangani segmen wholesale dan retail, termasuk dengan perusahaan
anak, serta mendorong regionalisasi bisnis dan mengoptimalkan jaringan distribusi
di wilayah.
Rencana
Strategis Tahun 2015
Tahun 2015 merupakan tahun yang penting
bagi Bank Mandiri karena bertepatan dengan dimulainya Transformasi Tahap III
2015-2020, sehingga kinerja Bank Mandiri di 2015 akan menjadi barometer dan
landasan dalam menghadapi serta menyelesaikan tantangan yang lebih besar pada
tahun-tahun mendatang.
2.3 Profil Bank Mandiri
PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk adalah
bank yang berkantor pusat di Jakarta dan merupakan bank terbesar di Indonesia
dalam hal asset pinjaman dan deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober
1998 sebagai bagian dari program
restrukturisas perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia.
Pada bulan Juli 1999 empat bank milik Pemerintah yaitu Bank Bumi Daya (BBD),Bank Dagang Negara(BDN),
Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) dan Bank Pembangunan Indonesia
(Bapindo) digabungkan ke dalam Bank Mandiri.
Slogan Bank mandiri
Ø 1998-2002 (Bank Terpercaya Pilihan
Anda)
Ø 2003-2004 ( Satu Hati, Satu Negeri,
Satu Bank )
Ø 2005-2007 ( Melayani Dengan Sepenuh
Hati, Menuju Yang Terbaik )
Ø 2008-sekarang ( Terdepan,
Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda )
Ø 2009-2010 ( Menembus Batas Keinginan
)
Ø 2010-2012 ( Menjawab Setiap
Keinginan )
Ø 2012-sekarang ( Apapun Keinginan
Anda, Mandiri Saja )
Visi dan Misi
Bank Mandiri Bank
Visi Bank
Mandiri adalah Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan
selalu progresif.
Misi Bank
Mandiri adalah :
·
Berorientasi
pada pemenuhan kebutuhan pasar.
·
Mengembangkan
sumber daya manusia professional.
·
Memberi
keuntungan yang maksimal bagi stakeholder.
·
Melaksanakan
manajemen terbuka.
·
Peduli
terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.
2.4
Pembentukan Bank Mandiri
Pembentukan Bank Mandiri yang berasal dari peleburan empat Bank BUMN
yang sedang sekarat akibat dampak krisis moneter 1997/1998 yaitu Bank BDN, Bank
Bumi Daya, Bank Ekspor Impor dan Bank Bapindo. Kebijakan peleburan empat Bank
BUMN tersebut diambil pemerintah guna menyelematkan bank dari risiko
kebangkrutan karena pada saat itu modal keempat Bank BUMN tersebut sudah
negatif.
Berdasarkan Pasal 1 angka 10 UU RI Nomor 40 Tahun 2007
Tentang Perseroan Terbatas peleburan (konsolidasi) adalah perbuatan hukum yang
dilakukan oleh dua perseroan terbatas atau lebih, untuk meleburkan diri dengan
cara mendirikan satu perseroan tebatas yang baru yang karena hukum memperoleh akitva
dan pasiva dari perseroan terbatas yang meleburkan diri dan status badan hukum
perseroan tebatas yang meleburkan diri berakhir karena hukum. Sementara Pasal 1
angka PP Nomor 27 Tahun 1998 peleburan (konsolidasi) adalah perbuatan hukum
yang dilakukan oleh dua perseroan terbatas atau lebih untuk meleburkan diri
dengan cara membentuk satu perseroan terbatas baru dan masing-masing perseroan
terbatas yang meleburkan diri menjadi bubar.
2.5 CSR Bank Mandiri
Bank Mandiri yang diwujudkan dalam
bentuk peningkatan sosial ekonomi masyarakat melalui strategi dan pengembangan
berbagai program. sebagai Bank nasional sekaligus Badan Usaha milik negara
senantiasa melakukan reposisi, reaktualisasi dan redefinisi peran dan fungsinya
agar senantiasa selaras dengan dinamika yang berkembang di masyarakat dan juga
menggunakan system yang canggih dan modern sehingga menjamin keamanan bagi para
nasabah. Keinginan dan harapan masyarakat yang semakin tinggi terhadap keamanan
investasi. Selain itu tuntutan masyarakat untuk kemudahan sebuah pelayanan
adalah keharusan.
Visi CSR Bank Mandiri
Membangun
masyarakat Indonesia Mandiri melalui program PKBL sebagai inspirasi guna
menjadi lembaga keuangan Indonesia yang progresif dan tumbuh bersama Indonesia.
Misi CSR Bank Mandiri
- Menjadi mitra utama terpercaya bagi pengembangan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.
- Menjalankan program PKBL yang memperkuat strategi Bank Mandiri dengan governance yang terbaik.
- Menjadi bagian strategi komprehensif branding Bank Mandiri sebagai lembaga keuangan bagi semua stakeholders.
Fokus program
Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan ujung tombak pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri. Melalui implementasi CSR yang berkesinambungan, Bank Mandiri ingin meraih keberhasilan bisnis bersama dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Sejak tahun 2007, program CSR
Mandiri diselaraskan dengan corporate objective dan dilaksanakan secara
terarah, terstruktur dan berkelanjutan serta mampu meningkatkan corporate image
dan corporate business secara maksimal. Fokus utama dari program CSR Mandiri
adalah untuk mendorong pertumbuhan tingkat kesejahteraan masyarakat. Oleh
karena itu, secara konsisten Bank Mandiri terus mencari peluang untuk
menyempurnakan strategi dan implementasi program CSR Mandiri.
Strategi CSR Mandiri semakin disempurnakan melalui
penetapan tiga pilar kegiatan yaitu :
· Kemandirian Komunitas
Bertujuan untuk
mendorong kemajuan ekonomis suatu kawasan dengan menjadikan masyarakat di
kawasan tersebut memiliki kemampuan produksi dan kemampu labaan, meningkatkan
pola aktivitas kreatif dan produktif yang akhirnya mewujudkan tatanan
masyarakat sejahtera dan mandiri. Pilar ini diimplementasikan melalui program
Mandiri Bersama Mandiri.
· Kemandirian Edukasi dan Kewirausahaan
Bertujuan untuk
mendukung keberlangsungan pendidikan yang berkualitas di Indonesia dan
menciptakan pemimpin di masa depan yang siap dengan persaingan global. Pilar
edukasi dan kewirausahaan diimplementasikan melalui program Wirausaha Muda
Mandiri dan Mandiri Peduli Pendidikan.
· Fasilitas Ramah Lingkungan
Adalah
keinginan Bank Mandiri untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri melalui
penyediaan energi terbarukan, penyediaan air bersih dan program penghijauan
untuk mendukung kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan lingkungan yang
asri dan nyaman.
Selain ketiga pilar utama
tersebut, kepedulian Bank Mandiri juga diwujudkan dalam bentuk peningkatan
sosial ekonomi masyarakat melalui pembangunan sarana prasarana umum dan sarana
ibadah serta penyediaan fasilitas kesehatan. Melalui strategi dan pengembangan
berbagai program CSR, diharapkan dapat memberikan manfaat yang semaksimal
mungkin bagi masyarakat Indonesia dan bagi perusahaan dengan tercapainya visi
CSR Mandiri yaitu Membangun Indonesia yang Mandi
BAB III
KESIMPULAN
Bank mandiri merupakan bank umum yang
ada di Indonesia. Bank mandiri ini seperti halnya bank yang lainnya. Tetapi
yang membuat bank mandiri ini berbeda adalah layanan dan fasilitas yang di
berikan kepada pelanggannya. Bank mandiri mengutamakan Good service terhadapa
konsumen. Beberapa layanan bank mandiri mampu memberikan manfaat yang baik dan
berguna bagi masyarakat yang membutuhkan uang. Contohnya menerima kredit usaha
rakyat kecil dan tidak memberikan bunga yang tinggi. Bebrpa fasilitas yang
canggih memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi. Bank mandiri mempunyai
teknologi yang mudah untuk dilakukan konsumen.
Terhadap layanan bank mandiri ini
banyak manfaat yang diberikan mulai dari rakyat kecil hingga para pengusaha
bisnis besar. Bank mandiri ini tidak hanya memberikan layanan di Indonesia.
Tetapi di luar negeri pun kita masih bisa melakukan transaksi atau menggunakan
layanan yang kita butuhkan. Mudah mendapat mata uang asing yang kita butuhkan.
Suku bunga mandiri deposito valuta asing yang kompotitif menjadikan investasi
lebih cepat berkembang.
Daftar
Pustaka
http://www.bankmandiri.co.id/corporate01/about_profile.asp
http://www.dokumen.tips/documents/makalah-mengenai-bank-mandiri.html
http://www.dokumen.tips/documents/makalah-mengenai-bank-mandiri.html
Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
BalasHapusNama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers, saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com
Nama ..... jayachandra fadhlan
BalasHapusNegara .... indonesia
W / S ......... + 62 821-3272-6591
email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)
Nama saya jayachandra fadhlan,
dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih dengan hasil hasil jerih payah Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Saat saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka menyelesaikan meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya memperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Dapatkan saya pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa Jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya perlu semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan sejahtera.
Perusahaan ..... karina roland perusahaan pinjaman
W / S ...... + 1 (585) -708-3478
email ...... (karinarolandloancompany@gmail.com)
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang yang menganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah
beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga
Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com
dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,
Apa yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019
tolong bijak dan semoga Allah membimbing kita semua
NAMA SAYA ........... RIKRIK BUDIANTI,
HapusNEGARA ............ INDONESIA
KOTA ..................... BANDUNG, JAWA BARAT
PINJAMAN PINJAMAN ...... Rp150.000.000,00
EMAIL SAYA ........... rikrikbudianti27@gmail.com
Kabar baik, kabar baik, kabar baik
Nama saya RIKRIK BUDIANTI, warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua setuju untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang yang saya peroleh dengan susah payah. Suatu hari, ketika menjelajah melalui internet dan tanpa daya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama EINNA FAIZ, yang juga ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tetapi akhirnya dihubungkan dengan perusahaan pemberi pinjaman yang sah bernama KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY di mana ia mendapatkan pinjamannya . Saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya dibohongi oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya bahwa saya memberikan pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi akun kredit dan menyimpan semua yang meminjam dari saya dan kepada Tuhan kemuliaan saya mendapat pinjaman sebesar Rp150.000.000 dari perusahaan besar ini, Dikelola oleh MRS. KARINA ROLAND, dan di sini saya sangat bermanfaat karena KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya, jadi saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi KARINA ROLAND
via atau whatsapp (karinarolandloancompany@gmail.com) +1585 708-3478 dan ikuti aturan, karena saya setuju Anda mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda meminta bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (rikrikbudianti27@gmail.com).
PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
WHATSAPP ONLY ........ +1585 708-3478
NAMA FACEBOOK ......... KARINA ELENA ROLAND
EMAIL ......... KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM
NAMA: Titin yuni Arlini
BalasHapusACCOUNT NUMBER: 6170235108
NAMA BANK: bank central asia (BCA)
PINJAMAN PINJAMAN: Rp 250.000.000
EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com
Selamat siang!!!
Saya hanya tersenyum seperti saya memposting ini karena KARINA ELENA PERUSAHAAN PINJAMAN ROL telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp250.000.000 untuk menghapus semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami saya sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan saat ini saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan IBU KARINA karena memberi saya pinjaman saya.
Sekarang saya memiliki bisnis saya sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan dari KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Mahakuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari IBU KARINA.
Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478
Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.
BalasHapusSaya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)
Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua